Selasa, 03 April 2012

TUGAS SOFSKILL ETIKA PROFESI KE 2

1.    Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari ! 
    Moral yaitu nilai baik atau buruknya perbuatan  yang terdapat didalam diri seseorang yang jika kebaikan dilakukan pandangan orang terhadap kita akan baik dan jika keburukan kita lakukan maka pandangan orang terhadap diri kita akan buruk. Etika adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Perbedaannya yaitu jika moral orang perbuatan dalam arti luas dan orang lain yang menilai sedangkan etika diri kita sendiri yang menilai.
Contoh.
Moral : jika seseorang akan melakukan pencalonan walikota tetapi sebelum seseorang menjadi walikota, orang tersebut selalu merakyat,tetapi setelah jadi menjadi walikota orang tersebut tidak pernah lagi merakyat maka masyarakat menganggap moral orang tersebut tidak baik atau jelek hanya ada maunya saja. 
Etika : jika kita memberikan uang kepada orang lain,maka kita berfikir apakah etika yang kita lakukan sudah baik atau belum.

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dengan utilitariansime ! berikan contoh masing-masing? paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/insinyur dibidang keteknikan ? mengapa ? 
   Paham kantianisme yaitu suatu paham yang mengabaikan keputusan yang telah dipilih karena tidak perduli dengan keputusannya sendiri. Contoh : kita menyuruh orang untuk sholat sedangkan kita kita sendiri tidak melakukannya. 
    Paham utilitariansime yaitu suatu paham yang mengartikan bahwa baik itu bermanfaat dan memiliki arti yang baik sedangkan buruk memiliki arti yang tidak baik.contoh: kita beranggapan bahwa menolong orang itu adalah baik dan menindas orang itu tidak baik. 
    Paham utilitariansime yang banyak dianut oleh para insinyur keteknikan.karena dapat diterima oleh logika manusia bahwa yang baik adalah benar dan buruk adalah salah.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan dilemma moral,berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari ! Dilemma moral yaitu suatu kondisi seseorang yang sedang memiliki dua pandangan yang berbeda antara baik dan buruk. Contoh: tentang keyakinan beragama,ada seseorang yang memiliki dua orang tua yang berbeda keyakinan dan anaknya orang tua tersebut bingung memilih keyakinan mana yang akan dipilihnya dan dianggapnya baik.  
  (http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/01/22/pengaruh-norma-agama-dalam-terjadinya-dilema-bisnis/)

4.    Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh sarjana teknik industri indonesia ! 
    Kompetensi utama antara lain: Memiliki keahlian yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, memiliki tanggung jawab, jujur dalam perkataan dan perbuatan, mampu mengatasi segala masalah dengan penuh tanggung jawab. 
    Kompetensi penunjang: kemampuan yang kita miliki dapat di amalkan kepada orang lain, kejujuran dan tanggung jawab harus disimpan didalam hati kita. 

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus