Selasa, 29 Maret 2011

PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA

Nama              : Anggit.Setiyadi
Kelas               : 2ID 05
Npm                : 30409425
Mata Kuliah   : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA


Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan bahwa pemerintah menargetkan angka kemiskinan harus turun pada 2011.Jika tahun 2010 angka kemiskinan sebesar 13,3 persen, maka pada tahun 2011 ditargetkan menurun sebanyak satu persen atau lebih menjadi sekitar 12 persen atau bahkan di bawah itu. Agung menjelaskan, jumlah penduduk Indonesia yang berada pada garis kemiskinan terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.Pada tahun 2004 sebesar 16,7 persen, pada tahun 2005 15,97 persen dan pada tahun 2009 14,1 persen.
Maret 2010 menjadi 13,3 persen persen, dan jumlah ini harus terus diturunkan pada 2011 dan tahun-tahun selanjutnya, Pada tahun 2014 pemerintah juga menargetkan angka kemiskinan turun menjadi delapan hingga sepuluh persen. Untuk mencapai target penurunan angka kemiskinan, pemerintah akan terus melanjutkan berbagai program penanggulangan yang selama ini telah berjalan.
Program tersebut diantaranya beras miskin (raskin), jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas), program keluarga harapan, bantuan operasional sekolah (BOS) serta bantuan dan perlindungan sosial.Selain itu pemerintah juga akan terus mengoptimalkan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM) dan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).
Tetapi pada program tersebut belum sepenuhnya terbagi untuk rakyat yang berada di Indonesia karena masih banyak orang-orang yang belum mendapatkanya karena factor tempat tinggal ataupun karena tidak meratanya pemeriksaan sensus dan juga para kepala dusun tidak perduli pada masyarakatnya karena banyak yang tinggal di daerah pedalaman yang tidak terjangkau.
Begitu juga program jamkesnas,program ini tidak sepenuhnya berlaku pada rakyat miskin,karena walaupun sudah mempunyai jamkesnas tetapi pengobatan pada rumah sakit tetap saja membayar karna alas an sudah tidak berlaku ataupun alas an yang lain,itu berarti di Indonesia ini masih belum adil terhadap rakyat miskin.
Walaupun penduduk miskin di Indonesia sudah mulai menurun yaitu sekitar 27 juta jiwa pemerintah harus terus berusaha agar ditahun-tahun mendatang harus lebih berkurang dan juga masyarakat di Indonesia mendapatkan penghidupan yang layak. Karena masih banyak pemerintah yang menggusur tempat-tempat tinggal tetapi tidak mengalokasikannya ketempat lain tetapi didiamkan saja sehingga masyarakat menjadi marah,sedangkan masalah di sidoarjopun belum selesai sampai saat ini itu membuktikan kurang kepedulian terhadap rakyatnya hanya mementingkan yang dianggap perlu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar