Jumat, 02 November 2012

KEWIRAUSAHAAN


Nama              : Anggit Setiyadi
Npm                : 30409425
Mata Kuliah   : Kewirausahaan

1. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dan menerapkan kreativitas dan keenovasian untuk memecahkan permasalahan dan memanfaatkan peluang yang dihadapi sehari-hari.
Kewirausahaan sebenarnya dari bahasa prancis yaitu entrepreneurship yang berarti perantara.

2. Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru.
v  3 jenis prilaku wirausahawan
a.    Memulai inisiatif yaitu memiliki pola pikir yang luas dan kreatif.
b.  Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial untuk merubah sumber daya dengan cara praktis.
C. Diterimanya resiko

3. kunci penting seorang wirausahawan
a. berkarya, kreatif, inovatif dan memiliki ketrampilan
b. berani mengambil resiko
c. ulet dan tanggap terhadap peluang
d. percaya diri dan mampu berkomunikasi secara efektif.
e. memiliki komitmen untuk menciptakan nilai tambah.
f. memiliki visi masa depan dan kemampuan mencapai isi tersebut.
karaktristiknya menurut Mc Clelland dan bertanggung jawab
a.    keinginan untuk berprestasi dan bertanggung jawab.
b.    orientasi ke masa depan.
c.    ketrampilan dalam pengorganisasian
d.   persepsi pada kemungkinan berhasil
e.    sikap terhadap uang
karakteristiknya yang sukses dengan n Ach tinggi
a.       kemampuan inovatif
b.      keinginan untuk berprestasi
c.       kemampuan perencana realistis
d.      kemampuan terorientasi kepada tujuan
e.       tanggung jawab pribadi
f.       kemampuan beradaptasi
g.      kemampuan sebagai pengorganisasian dan administrator

4.    kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut MC Clelland
a.       kebutuhan untuk berprestasi (n Ach)
contohnya. Karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut.
b.      Kebutuhan berafiliasi (n Afill)
Kebutuhan untuk berafiliasi atau bersahabat. Kebutuhan akan afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab.
c.       Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
Karyawan memiliki motivasi untuk berpengaruh terhadap lingkungannya, memiliki karakter kuat untuk memimpin dan memiliki ide-ide untuk menang.

5.    Sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru
a.       Orientasi eksternal dan internal
b.      Sumber gagasan bagi produk dan jasa baru
c.       Proses perencanaan dan pengembangan produk
d.      Produk-produk yang sesuai untuk perusahaan kecil
e.       Matriks produk pasar
6.    Unsur-unsur analisa peluang pokok
a.       Biaya tetap
b.      Biaya variabel
c.       Biaya total
d.      Pendapatan total
e.       Keuntungan
f.       Kerugian
g.      Titik pulang pokok

7.    Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.
Janis-jenisnya
a.    Waralaba luar negeri: cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merk sudah diterima di berbagai dunia dan dirasakan lebih bergengsi.
b.   Waralaba dalam negeri: menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

8.    Pemasaran langsung adalah kegiatan yang total dimana penjualan mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telpon, pos, kunjungan pribadi dari calon pelanggan.
Teknik alternatifnya:
a.       Periklanan terklarifikasi
b.      Periklanan display
c.       Kiriman pos langsung
d.      Katalog penjualan
e.       Pemasaran tanggapan langsung media

9.    Pembagian dalam bentuk kepemilikan yaitu pemilik tunggal/ perseorangan: dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang, pemilik tidak perlu membagi laba kepada:
a.       Kongsi
b.      Perusahaan perseroan

10.    Tiga alternatif berakhirnya usaha
A.       Liquidasi
B.       Reorganisasi
C.       Rescheduling 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar