Senin, 19 November 2012

KEWIRAUSAHAAN


Nama           : Anggit Setiyadi
Npm            : 30409425
Kelas           : 4 ID 05
Mata Kuliah : Kewirausahaan (Sofskill)

ANALISA PLATINOEM BAND

Menjadi manager band musik merupakan sesuatu yang sulit karena banyak tantangan dan persaingan pasar musik. Platinoem band merupakan band pertama yang diproduksi dari yovie widianto music factory. Platinoem band memiliki 5 personil di antaranya yaitu sam (Vocal), mocek (Gitar), angga (Gitar), candra (Bas) dan donny (Drum).
Dalam band terdapat manajemen diantaranya yaitu:
Head manajer : orang yang bertugas merancang, mengatur dan melaksanakan, rencana  kedepan sebuah band dan bertanggung jawab terhadap band tersebut.
Road manajer : orang yang bertugas membantu head manajer, mengatur ketika berada dilapangan dan bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kebutuhan artis ketika melakukan sebuah pentas.
Stage manajer : orang yang mengatur segala sesuatu kebutuhan artis ketika akan pentas dipanggung dan juga bertanggung jawab pada kelancaran jalannya pentas artis dipanggung.
Crew equipment : orang yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu peralatan yang digunakan pemain band, jumlah crew tergantung banyaknya equipment yang digunakan artis.
Sound enginer : orang yang bertugas mengatur harmonisasi sound system yang dihasilkan oleh band pada sound out panggung, maupun sound out utama.
Dokumentasi   : orang yang bertanggung jawab terhadap dokumentasi band.
Seorang manajer band harus mampu mengusahakan agar band asuhannya dapat terkenal dan disukai oleh masyarakat seluruh dunia dan menurut pendapat saya agar band platinoem dapat mendobrak dunia musik yaitu dalam memanajemen sebuah group band musik membutuhkan proses karena pendapat masyarakat berbeda-beda tentang sebuah musik, ada yang suka dan ada yang tidak suka, sehingga butuh waktu untuk dapat menjadi band yang terkenal. Dapat menciptakan lagu yang mampu membuat orang suka terhadap lagu yang diciptakan, sehingga orang yang mendengarkan terasa menghayati lagu yang telah didengarkan, dan kesabaran serta tekun dalam menjalankan profesi sebagai pemain musik merupakan kunci dari suatu keberhasilan.
Pendapat saya atau masukan jika menjadi manajer band yaitu agar dalam membuatkan lagu agar dapat disukai peminat musik dengan campuran lagu-lagu melayu dan mengadakan konser agar peminat musik lebih banyak dan tahu lagu yang dibuatnya.walaupun lagu yang diciptakannya itu banyak tetapi jika tidak ada peminatnya maka hasilnya tidak akan memuaskan, maka kita harus mengetahui pasaran musik mana yang sedang naik daun. Mungkin itu hanya masukan bagi saya mungkin jika ada kata-kata yang kurang berkenan, selaku penulis minta maaf.

Refrensi
www.platinoem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar