Rabu, 12 Oktober 2011

Konsep biaya dan jenis jenis biaya

Nama              : Anggit.Setiyadi
Npm                : 30409425
Kelas              : 3 ID 05
Mata kuliah   : Analisis & Estimasi Biaya (soft skill )

Konsep biaya  dan jenis jenis biaya

a.              Konsep biaya adalah nilai tukar, pengeluaran, pengorbanan, untuk memperoleh manfaat.
b.             Biaya tetap Biaya yang jumlah totalnya tetap walau quantitas yang diproduksi berubah dalam kapasitas normal / range tertentu.
c.              Biaya variabel adalah Biaya yang bervariasi secara proporsional dengan quantitas yang diproduksi.
d.             Biaya langsung adalah biaya-biaya untuk pengadaan sumber daya yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang tercantum dalam pay item kontrak.
·      Peralatan
·      Bahan baku
·      Tenaga Kerja
·      Subkontraktor
e.              Biaya tidak langsung adalah  segala biaya yang terkait dengan penyelenggaraan proyek dan tidak bisa dibebankan secara langsung
·      Biaya lapangan umum
·      Gaji pelaksana
·      Biaya administrasi
f.              Biaya order adalah salah satu dari banyak sistem penetapan biaya akuntansi yang berbeda. Mencari sistem yang tepat untuk sebuah bisnis adalah kunci untuk pemantauan  dan pengendalian biaya.
g.             Biaya bahan baku
Bahan baku langsung adalah bahan yang dapat ditelusuri ke barang atau jasa yang sedang diproduksi. Biaya bahan ini dapat langsung dibebankan ke produk karena pengamatan fisik dapat digunakan untuk mengukur kuantitas yang dikonsumsi oleh setiap produk. Biaya bahan baku langsung merupakan keseluruhan bahan baku yang diolah menjadi barang jadi dan dapat ditetapkan langsung pada harga pokok dari barang jadi atau dengan kata lain merupakan komponen biaya yang jumlahnya relative besar dalam menghasilkan output dan biasanya merupakan bagian integral dari output tersebut.

h.             Biaya produksi
Biaya produksi adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa. Biaya produksi dapat terbagi lagi dalam dua kategori yaitu biaya utama dan biaya konversi.
·      Biaya utama yaitu biaya yang berhubungan langsung dengan produksi yaitu biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung.
·      biaya konversi adalah biaya yang diperlukan untuk memproses bahan baku menjadi produk selesai yaitu biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar